Rabu, 10 Maret 2010

Bayi Kembar Siam Lahir di Kediri

KEDIRI--MI: Bayi kembar siam berjenis kelamin perempuan lahir dengan selamat di Rumah Sakit (RS) Amelia, Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (9/3).

Dokter ahli kandungan RS Amelia, dr Ananda Dwinanto SpOG seusai menangani kelahiran bayi itu mengatakan, bayi dempet dada dan perut itu lahir melalui operasi caesar.

Saat masa kehamilan, Sumiyati, 30, ibu bayi kembar siam itu ditangani seorang bidan. "Kemudian saat-saat menjelang persalinan, ibu bayi dirujuk ke sini," kata Ananda.


Kelahiran bayi kembar tersebut tergolong prematur karena usia kehamilannya kurang dari 36 pekan dengan berat badan hanya 4.200 gram. Anggota badan kedua bayi hasil pernikahan Sumiyati dengan Supriyanto, 32, itu termasuk lengkap. Bahkan, jantungnya pun terpisah.

Sampai sekarang, bayi tersebut ditempatkan di ruang khusus sambil menunggu penanganan medis lebih lanjut. "Kami harus konsultasi dulu dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sutomo, Surabaya. Jika memang harus dipisahkan, kami sudah menyiapkan kendaraan rujukan," katanya.

Sementara itu, sampai saat ini Supriyanto belum memberitahukan kondisi bayinya yang lahir dalam kondisi tidak normal itu kepada Sumiyati karena masih dalam pemulihan pascaoperasi.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang las itu pun mengaku siap lahir batin kalau kedua bayinya itu harus dipisahkan, asalkan biaya pemisahannya ditanggung pemerintah atau lembaga donatur lainnya.

Kepala Bagian Humas Pemkab Kediri Eko Setiyono mengatakan pihaknya akan berupaya membantu keluarga tersebut. "Kalau memang tidak terdata dalam jamkesmas, kami masih bisa
membantunya lewat program jamkesda," katanya. (Ant/OL-01) 
Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar